Super Junior - Eunhyuk

Minggu, 01 Mei 2011

4minute Tariannya Tuai Kontroversi

Tidak terasa sudah tiga tahun lamanya 4minute debut di blantika musik Korea. Masing-masing personel makin dewasa dan bakatnya kian terasah. Kematangan musik 4minute bisa dilihat di album 4minutes Left yang dirilis 5 April lalu. Walau koreografi Mirror Mirror menuai kontroversi, mereka tetap fokus mempromosikan lagu mereka di berbagai acara musik. 
 
4minutes Left adalah full album Korea perdana 4minute. Maka tak heran jika Nam Ji Hyun, Heo Ga Yoon, Jeon Ji Yoon, Kim HyunA, dan Kwon So Hyun bekerja keras membuat album ini sebaik mungkin untuk fans. “Selama ini kami hanya merilis mini album. Berhubung 4minutes Left adalah full album pertama 4minute, maka kami memberikan perhatian lebih. Tidak ada satu aspek pun seperti lirik, ekspresi, make up, atau pertunjukan yang kami abaikan. Setiap kali ada orang yang mengatakan mereka menyukai karya baru 4minute, kami sangat gembira,” ucap So Hyun ketika 4minute diwawancara oleh salah satu media Korea, Sports Today. “Daya tarik kami selama ini adalah melodi yang cepat, jadi kali ini kami mencoba sesuatu yang lebih feminin. Ada juga kisah cinta yang ditambahkan ke dalam lirik lagu sehingga memberikan nuansa berbeda,” tambahnya.

Di album 4minutes Left, Ji Yoon dan So Hyun bahkan diberi kesempatan ngerap di lagu Heart to Heart dan Mirror Mirror. Ini adalah pengalaman pertama mereka. “Saya sudah berlatih sejak beberapa waktu lalu. Shinsadong Tiger oppa memberi kami kesempatan untuk mencobanya (rap) di album ini. Selama rekaman dia memberikan pujian membuat kami makin bersemangat. Ini adalah pengalaman yang luar biasa dan sangat berguna,” ujar So Hyun.

 Selain memberikan usaha terbaik mereka untuk pembuatan 4minutes Left, 4minute juga mengantisipasi segala hal tentang penampilan mereka di atas panggung. Sebisa mungkin semuanya dilakukan secara sempurna, mulai dari kostum hingga saat menyanyi. “Kami berlatih dengan menggunakan mindset sebagai rookie (pendatang baru) seperti dulu. Setiap hari kami berlatih dari pukul 10 pagi hingga 6 pagi esok harinya. Tidak ada seorang pun dari kami yang mengeluh karena kami tahu semua ini layak dilakukan, mengingat ini adalah full album perdana kami,” ungkap HyunA.

Namun, keteguhan 4minute akhirnya diuji ketika koreografi mereka untuk lagu Mirror Mirror menuai kontroversi. Beberapa gerakan tari di lagu ini dinilai tidak pantas dilakukan para gadis seusia mereka. Gerakan kontroversi itu disebut sebagai ’spread leg’, di mana personel 4minute duduk dan melakukan gerakan “membuka-menutup” kaki secara berulang-ulang. Apalagi kostum yang mereka pakai untuk lagu Mirror Mirror juga sangat “mendukung”, yaitu celana pendek, sehingga banyak yang merasa tarian itu cukup provokatif. Liukan HyunA yang sensual makin menambah kesan negatif.

KBS pun sempat mencekal koreografi itu di acara Music Bank mereka. “Kami tidak bisa menoleransi koreografi provokatif seperti ‘spread leg’ itu. Kami tidak ingin Music Bank bisa memberi pengaruh negatif kepada penonton yang masih berusia muda,” kata Kwon Jae Young selaku sutradara Music Bank.

Mengenai hal ini, Ji Hyun mengemukakan pendapatnya. “Pada awalnya kami cukup terkejut karena kami berharap orang-orang memperhatikan musik kami, bukan koreografinya. Sebaliknya, bagian yang tidak kami harapkan sama sekali malah diekspos,” kata Ji Hyun.

hwaiting eonni!! >______<

Cr : asiangrup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar